![]() |
Sumber gambar: Neraca.com |
Falsafah kerja merupakan landasan kokoh sebagai sumber motivasi bagi seseorang untuk melakukan kerja yang optimal dan maksimal. Landasan falsafah kerja ini biasanya bersumber dari berbagai nilai dasar yang diyakini kebenarannya oleh warga masyarakat setempat. Ada masyarakat tertentu yang memperoleh landasan falsafah kerja itu dari nilai-nilai agama dan kepercayaan. Selain itu ada juga falsafah kerja yang bersumber dari adat istiadat ataupun tradisi masyarakat setempat.
Seperti diketahui bahwa mayoritas pelaku industri kerajinan ukir di Jepara adalah pemeluk agama Islam. Oleh karena itu, nilai-nilai agama Islam merupakan salah satu sumber dari falsafah kerja bagi mereka. Demikian pula, nilai-nilai Islam juga memberikan falsafah kerja yang sangat mendasar, yaitu kerja sebagai ibadah. Falsafah kerja sebagai ibadah ini memberikan implikasi atau dampak bahwa bekerja bukan semata-mata sekedar persoalan mencari penghasilan yang bersifat material, tetapi juga memiliki dimensi spiritual. Hal ini tentu akan mempengaruhi cara bagaimana orang bekerja.
Sebagaimana bekerja yang tidak berdimensi spiritual akan mudah menjerumuskan seseorang pada praktik-praktik menghalalkan segala cara dan eksploitatif ketika mereka mempekerjakan orang lain. Sebaliknya, jika seseorang menganggap bahwa bekerja itu memiliki dimensi spiritual dan religius, maka pekerjaan itu bukan hanya dipertanggungjawabkan kepada manusia tetapi juga kepada Tuhan. Maka dengan demikian, kejujuran menjadi unsur utama dalam melakukan pekerjaan.
Nilai agama Islam juga memberikan dorongan kepada masyarakat untuk bekerja keras. Dalam sebuah hadits, diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad pernah bersabda:
I’mal lidunyāka ka-annaka ta’īsu abada, wa’mal li-ākhiratika ka-annaka tamūtu ghadan (beramallah/bekerjalah untuk duniamu seakan-akan engkau hidup selamanya, dan beramallah untuk akhiratmu seakan-akan engkau akan mati besok). Artinya, di samping kita bekerja keras untuk masa depan, manusia juga diperintahkan untuk beribadah.
Hal ini menjelaskan bahwa agama Islam telah memberikan landasan falsafah kerja yang kuat kepada para pelaku industri kerajinan ukir Jepara untuk dapat bekerja keras secara profesional. Namun demikian, persoalannya adalah mereka seringkali tidak mampu lagi mengaktualisasikan falsafah kerja yang Islami karena berbagai faktor yang bersifat aktual dalam dunia bisnis. Sebagaimana banyak dari mereka yang menganggap bahwa bekerja seolah-olah kurang memiliki landasan falsafah yang kuat, tidak lain karena banyak dipengaruhi oleh kepentingan-kepentingan yang sifatnya sesaat dan jangka pendek.
Dalam lapangan, terlihat masih sebagian ada yang masih memegang nilai-nilai agama, tetapi ukurannya sangat kecil. Salah satu contohnya, para pengrajin yang seringkali menutupi kecacatan hasil ukirannya, dan ada lagi yang membuat kayunya muda biar kelihatan tua. Bahkan di kalangan pengusaha, kejujuran sangat jarang ditemui. Bahkan ada sebuah pepatah “kalau ada orang yang sudah menjadi bos, anda harus siap untuk berbohong”
Padahal seharusnya, kalau kita mengambil nilai-nilai agama kan sulit diterima hal di atas. Artinya, jika cacat pada kayu seharusnya diberitahukan kepada konsumen. Tetapi kadang kita tidak mampu menerapkannya. Hal di atas memberikan kesan bahwa untuk menjadi pengusaha industri kerajinan ukir yang sukses tidak perlu harus dengan cara-cara gentlemen, tetapi diperlukan “opportunism” bahkan justru harus banyak diwarnai dengan kebohongan.
Dalam hal ini tampaknya ”malfeasance” justru menjadi strategi untuk dapat bertahan sebagai pengusaha, dan kejujuran dalam dunia usaha mungkin dipandang sebagai salah satu sebab ketidaksuksesan. Padahal sustainability dunia usaha justru banyak ditentukan oleh adanya trust, jaminan quality, managerial capability dan personal credibility (Granovetter, 1985).
Namun demikian, sesunguhnya para pelaku industri kerajinan ukir masih ingin mengamalkan nilai-nilai agama Islam, tetapi mereka kesulitan karena tekanan kondisi, misalnya harga bahan baku kayu jati yang tinggi di satu pihak, sedangkan mereka harus menjual produk dengan harga yang murah di lain pihak. Hal ini memaksa mereka untuk mau membeli kayu curian dan memoles kualitas kayu yang jelek menjadi tampak bagus. Sebenarnya kalau kita kembali kepada agama, segala sesuatu yang kita lakukan kalau kita niati dengan baik bisa dinilai sebagai ibadah. Ibadah dalam arti yang bermanfaat. Sehingga dengan ibadah itu sendiri akan menjadikan suatu kepuasan hati. Jadi kalau bekerja diniati ibadah akan menjadi lebih bermanfaat.
Kemudian, lanjut landasan falsafah kerja yang diajarkan oleh ajaran Islam adalah landasan silaturahim (menyambung tali silaturahim). Dalam agama Islam, seseorang dianjurkan untuk bersilaturahim, karena dengan melakukan silaturahim ini orang akan dipanjangkan umurnya dan diberi rejeki yang lebih banyak. Disini sesungguhnya falsafah silaturahim dapat dijadikan sebagai dasar untuk menjalin kerjasama dalam du- nia bisnis seni kerajinan ukir Jepara. Hal ini sangat penting mengingat bisnis seni kerajinan ukir ini melibatkan berbagai pihak yang mesti harus memiliki ikatan kerjasama yang kuat, misalnya ada unsur pengrajin, tukang, pengusaha, eksportir, pedagang kayu, dan sebagainya. Dengan semangat silaturahim semestinya kerjasama dengan berbagai pihak dapat berjalan dengan baik. Tentu saja kejujuran dan keterbukaan menjadi landasan utama dalam falsafah silaturahim.
Hubungan antara pengusaha dan pekerja bersifat dari “hati ke hati”, artinya ada trust rasa saling percaya diantara keduanya. Dengan adanya rasa saling percaya ini, maka pelaksanaan pekerjaan dan pengupahannya dapat dilakukan dengan cara-cara yang mengenakkan kedua belah pihak, “kepenak” dan fleksibel, misalnya meskipun pekerjaan beres/telah selesai tetapi pembayaran dapat mundur dari hari yang telah ditetapkan. Dengan demikian dalam konteks ini tepat pernyataan, bahwa dalam dunia usaha hubungan sosial menjadi lebih penting daripada aturan-aturan formal yang ketat dari perusahaan (Granovetter, 1985).
Oleh karena itu, tidak akan terjalin harmonis, manakala ada pengusaha yang “berlagak sok” dan merasa memimpin, sehingga yang terjadi tidak lain, dan tidak bukan mengakibatkan penghormatan karyawan kepada pengusaha berkurang. Artinya, hubungan antara pengusaha dan pekerjanya adalah hubungan yang saling membutuhkan. Jadi pengusaha harus bisa menciptakan hubungan pertemanan. Sementara itu, bentuk hubungan antara pengusaha dengan pengrajin bukan merupakan hubungan yang bersifat ketergantungan. Hal ini disebabkan oleh para pengrajin tidak bisa terikat hanya dengan satu pengusaha. Mereka pada umumnya juga menyetor atau menyuplai barang kepada lebih dari satu pengusaha.
Persoalannya adalah bagaimana nilai-nilai agama itu diterapkan dalam kehidupan bisnis industri kerajinan ukir di Jepara? Bisnis memang penuh persaingan. Pebisnis mau bekerjasama, itu pun dalam kerangka persaingan juga. Oleh sebab itu, falsafah silaturahim menghadapi tantangan dalam aktualisasinya. Di lapangan terbukti, bahwa pengrajin Jepara cenderung berjalan sendiri-sendiri (individualisme). Memang ada beberapa forum yang berjalan seperti di Sukodono dan di Langon. Ada persamaan harga di jalan dan di pengrajin. Di Mulyoharjo juga ada kelompok pengrajin patung yang sudah membentuk forum tetapi kebanyakan mereka sulit berkoordinasi. Oleh karena kurang adanya semangat silaturahim serta kurang koordinasi dan kesepakatan, maka seringkali terjadi persaingan yang tidak sehat diantara sesama pengrajin yang mengakibatkan kerugian diantara mereka sendiri. Adapun bentuk persaingan yang sering terjadi sifatnya antar individu. Bentuk persaingan tersebut berkaitan dengan harga, ketika si A memberi harga tertentu, maka si B akan membuat harga yang lebih murah. Artinya, mereka saling menjatuhkan harga. Kejadian ini biasanya pada tingkatan pengrajin.
Dengan demikian falsafah silaturahim yang sebetulnya sudah disediakan dalam agama Islam juga semakin ditinggalkan oleh masyarakat pelaku industri kerajinan ukir di Jepara. Hal itu disamping disebabkan oleh pengaruh nilai-nilai baru yang mengarah kepada persaingan dan individualisme juga karena desakan kondisi bisnis yang penuh dengan persaingan ketat.[]
0 Comments